Kamis, 15 Januari 2015

lanjutan IMK


5 Antarmuka Manusia Dan Komputer
Antarmuka pengguna merupakan bagian sistem yang akan dikendalikan oleh pengguna untuk mencapai dan melaksanakan fungsi-fungsi suatu sistem. Antarmuka pengguna ini menggabungkan elemen sistem, elemen pengguna dan interaksi diantara keduanya. Tetapi tampilan antarmuka akan berjalan dengan baik apabila didukung dengan peralatan yang memadai.
Dalam mendesain antarmuka/interface seharusnya tidak hanya dapat dilihat, disentuh atau didengar, tetapi juga mencakup konsep, kebutuhan user untuk mengetahui sistem komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem. Layout , tampilan dan navigasi layar sistem akan memberikan efek bagi  pengguna melalui banyak cara. Jika hal tersebut rumit dan tidak efisien, maka  pengguna akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan pekerjan mereka dan relatif melakukan lebih banyak kesalahan. Desain yang buruk akan membuat  pengguna takut sehingga tidak akan kembali menggunakan sistem tersebut.
 Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat interface/antarmuka yaitu:
1.      User friendly (ramah dengan pengguna),
 Ramah dengan pengguna maksudnya antarmuka yang bagus, mudah dioperasikan, mudah dipelajari, dan pengguna merasa nyaman menggunakan interface tersebut.
2.      Berkualitas tinggi yang dikagumi oleh orang-orang, beredar luas dan sering ditiru.

Pentingnya perancangan antarmuka pengguna yang baik, karena:
1.  Mengurangi biaya penulisan program Dalam pemrograman antarmuka pengguna grafis, rata-rata 70% penulisan  program berkaitan dengan antarmuka
2.  Mempermudah penjualan produk Suatu produk pertama kali yang dilihat dalah tampilannya, apabila tampilanny menarik biasanya akan menarik minat orang untuk menggunakan apliaksi tersebut
3.   Meningkatkan kegunaan komputer pada organisasi Dengan antarmuka yang menarik, biasanya pengguna akan tertarik untuk menggunakan suatu aplikasi komputer

Dampak antarmuka pengguna yang baik yaitu :
• Peningkatan produktifitas
• Mengurangi biaya pelatihan pegawai
• Mencegah pengambil alihan pegawai
• Kepuasan pengguna
• Produksi hasil dengan kualitas yang lebih baik

Penyebab adanya antarmuka yang kurang baik yaitu :
• Perkembangan teknologi yang sangat cepat
• Kurangnya pendidikan atau pelatihan yang berkaitan dengan perancangan antar
   muka.
• Penyebaran pengetahuan yang diperlukan untuk merancang antarmuka  pengguna
   yang baik
• Koordinasi yang kurang baik dalam pengembangan aplikasi.

 Strategi pengembangan antar muka perlu memperhatikan hal-hal berikut:
• Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer
• Berbagai informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog
• Penggunaan prototipe yang didasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun
   secara bersama-sama antara calon pengguna dan perancang sistem
• Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil prototipe yang telah
   dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar