Sabtu, 16 Maret 2013

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Pengertian sistem
sistem merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungn satu sama lain yang membentuk satu kesatuan dalam usaha, untuk mencapai suatu tujuan.
Pengertian Informasi 
informasi adalah hasil pemprosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut menjadi bentuk yang mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan yang dibutuhkan oleh orang untuk menambahkan pemahamannya terhadap fakta-fakta yang ada informasi bagi setiap elemen akan berbeda satu sama lain sesuai dengan kebutuhannya  masing-masing.
Pengertian Manajemen 
manajemen terdiri dari proses atau kegiatan yang dilakukan oleh pengelolah perusahaan seprti merencanakan (menetapkan strategi, tujuan dan arahan tindakan), mengorganisasikan,mengkoordinir dan mengendalikan operasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 


PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 
Menurut Barry E.Cushing, SIM adalah :
‘Suatu sistem informasi manajemen adalah Kumpulan dari manusia dan sumber daya modal di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk mengahasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian’. (Jogiyanto,2005,14).
Menurut Frederick H.Wu SIM adalah :
‘Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan-kumpulan dari sistem-sistem yang menyediakan informasi untuk mendukung manajemen’. (Jogiyanto,2005,14).
Menurut Mc. leod.1995 adalah:
Sim didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa yang mempunyai kebutuhan yang serupa informasi menjelakan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin tersedia dimasa depan informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan output dari simulasi matematika onformasidigunakan oleh pengelolah maupun staf lainnya pada saat mereka memmbuat keputusan untuk memecahkan masalah (Mc. leod. 1995).
Menurut Gordon B.Davis dalam buku ‘Kerangka dasar SIM’, SIM adalah :
‘Sistem Informasi Manajemen adalah Suatu serapan teknologi baru kepada persoalan keorganisasian dalam pengolahan transaksi dan pemberian informasi bagi kepentingan keorganisasian’. (Gordon B.Davis,1985;23).
Masih menurut Gordon.B Davis, dalam buku ‘Analisis dan Desain informasi’ SIM’, adalah :
‘Sistem Informasi Manajemen merupakan suatu sistem yang melakukan fungsi-fungsi untuk menyediakan semua informasi yang mempengaruhi semua operasi organisas’i.Jjogiyanto,2005,15).
Menurut George M.Scott, dalam buku ‘Prinsip-prinsip SIM’ adalah : 
‘Sistem Informasi Manajemen adalah serangkaian Sub-sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar criteria mutu yang telah ditetapkan’.
Jadi dari beberapa definisi tersebut,dapat dirangkum bahwa Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan  untuk mencapai suatu tujuan yang dirancang untuk menyediakan informasi atau data guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan pengelolah dalam suatu organisasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar